Bismillahirrahmanirrahim... inilah doa yang pertama kali yang diucapkan untuk memulai kegiatan hari pertama ditahun 2018. Awa tahu memberikan pelajaran dan nilai yang luar biasa.

Pelajaran yang paling berharga adalah ketika menyadari bahwa sebagai seorang pensiunpreneur, dituntut untuk memulai bisnis dengan dasar nilai-nilai agama yang tercantum dalam Alqur’an dan hadits. Banyak hal yang sudah terkandung dalam agama ini untuk dijadikan pedoman dalam berbisnis. 

Selama ini, memang sudah menjadi dasar untuk berbisnis dengan menggunakan pengetahuan yang sudah ada di dalam buku bisnis dan manajemen. pengetahuan tentang entrepreneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen yang memang dibutuhkan oleh setiap pensiunpreneur dalam menjalankan dan menunbuhkembangkan bisnis mereka.

Awal tahun ini,  rasanya, pengetahuan tersebut harus ditambah dengan pengetahuan yang bersifat lebih mendasar yaitu pengetahuan yang ada di agama ini. Alhamdulillah, setiap pensiunpreneur yang beragama islam, harus menjadikan islam ini sebagai dasar untuk berbisnis.

Apa yang harus dilakukan? mempelajari nilai-nilai yang ada dalam Alquran dan hadits tersebut. Pelajari dari hal-hal yang bersifat mendasar. Apalagi yang kecil-kecil karena semuanya akan memperkuat diri dalam menjalankan bisnis tersebut.

Bagaimana membuat produk yang tidak mengecewakan konsumen. tidak berbohong kepada konsumen, menjaga karyawan dan lain-lain adalah hal-hal mendasar yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dan nilainya ada di dalam Alquran dan hadits.

Rasanya, penting bagi entrepreneur untuk fokus pada hal-hal seperti ini agar bisa membuat bisnis yang profitable, people, planet, sustainability, tumbuh dan berkembang serta berkah dari Allah SWT. Insya Allah bisnis yang dijalankan akan bermanfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat.

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: