Salah satu konsep strategic yang dibahas dalam pengembangan bisnis bersama teman-teman pensiunpreneur adalah bagaimana melakukan ekspansi bisnis yang sudah dijalankan. Waw… senangnya diskusi mulai berkembang dengan teman-teman pensiunpreneur.

Memang seorang pensiunpreneur perlu memahami bagaimana perusahaan mereka harus berkembang dengan menambah bisnis yang ada. Hal ini menggambarkan tujuan bisnis yang selalu disampaikan yaitu bisnis yang tumbuh dan berkembang.

Pengembangan bisnis tersebut bisa berupa jenis dan skala bisnis yang ada dan salah satunya adalah penambahan jumlah bisnis para pensiunpreneur . Dalam konteks strategic management, penambahan ini dapat dipilih strategi yang bersifat vertical.

Hal ini penting bagi pensiunpreneur  untuk dipahami agar pemilihan strategi ekspansi menjadi tepat untuk mencapai tujuan bisnis. Konsep yang harus dipegang adalah tetap bagaimana perusahaan mereka memiliki competitive advantage dibandingkan pesaing.

Ekspansi bisnis secara vertical ini digambarkan dari bisnis yang ditambah ke hulu dan kehilir, dalam artian bisnis yang dikembangkan tersebut memiliki hubungan dengan bisnis yang dijalankan dan posisinya ada di supplier kalau bicara di hulu dan di distribution channel kalau posisinya di hilir.

Seringkali pensiunpreneur  harus jeli melihat apa yang bisa didapatkan dari supplier yaitu bagaimana pensiunpreneur  menguasai bahan baku dengan tujuan control atas kualitas dan juga jumlah bahan baku tersebut. Selain itu, jelas akan berhubungan dengan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan bahan baku dengan jumlah yang pasti dan kualitas yang tinggi.

Banyak perusahaan besar yang melakukan ekspansi ke hulu ini. Kepastian supply dan juga harga yang kompetitif menjadi strategic consideration dari pensiunpreneur  dan luar biasa hasil yang didapatkan dari strategi menguasai hulu ini karena berdampak kepada kinerja business process perusahaan.

Demikian juga dengan hilir yang dimana, pensiunpreneur  melakukan ekspansi terhadap distribution channel seperti agen ataupun distribuitor. Hal ini bertujuan untuk penguasaan proses bisnis ke konsumen dan pasar. Selain itu, akan memberikan cost cutting dalam bisnis dan pada akhirnya akan meningkatkan profit.

Inilah yang penting bagi pensiunpreneur  sehingga business process pensiunpreneur  akan semakin kompetitif dibandingkan dengan pebisnis lainnya. Pada akhirnya, konsep bisnis dengan tujuanprofit yang diterjemahkan dalam TP = TR – TC akan benar-benar didapatkan oleh setiap pebisnis….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: