Membangun bisnis yang kuat, dibutuhkan komitmen setiap pensiunpreneuruntuk terus fokus dengan bisnis tersebut. Apalagi seiring dengan perubahan lingkungan bisnis  yang begitu cepat, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan juga mengalami turbulensi.

Salah satu poin utama untuk membangun bisnis ini adalah bagaimana pensiunpreneurfokus kepada pengembangan corporate culture atau budaya perusahaan yang dimiliki oleh bisnis. Rasanya, entrepreneur perlu mendalami hal ini karena relevan dengan bagaimana membuat bisnis bisa unggul atau mencapai competitive advantage dan juga menghadapi perubahan lingkungan bisnis.

Saya jadi teringat dengan konsep 7S Mc Kinsey yang menyatakan shared values sebagai adalah satu S yang harus diperhatikan oleh setiap bisnis sebagai bagian dari strategi perusahaan. Shared values berhubungan dengan bagaimana nilai-nilai perusahaan dalam aktivitas setiap karyawan di dalamnya.

Banyak perusahaan besar yang sudah mencapai usia yang bahkan melebihi seratus tahun dan yang bisa membuat ini adalah seberapa kuat nilai-nilai yang ada dalam perusahaan mereka.

Nilai-nilai ini menjadi perekat setiap orang dalam perusahaan untuk beraktivitas. Seringkali entrepreneur memiliki bisnis yang sama dengan pesaing, akan tetapi, yang membedakannya adalah nilai-nilai tadi.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Pensiunpreneur perlu mulai memperhatikan corporate culture atau budaya perusahaan. salah satunya adalah nilai-nilai atau values yang harus dimiliki oleh setiap perusahaah. Disinilah tantangan pensiunpreneur untuk fokus pada pertama, mengidentifikasi nilai-nilai yang ada dalam diri sendiri dan menerjemahkan ke dalam value perusahaan.

kedua, menetapkan values tersebut ke dalam nilai-nilai perusahaan yang ada dalam perusahaan. ketiga, mensosialisasikan nilai-nilai tersebut kepada seluruh manajemen dan karyawan. Ini penting karena menjadi dasar untuk pengetahuan, pemahaman, penghayatan serta memanfaatkan dalam pekerjaan.

Keempat, jalankan nilai-nilai itu bersama pensiunpreneur. kebersamaan dengan karyawan menjadi kunci sukses untuk mencapai optimasi hasil dalam nilai ini. yang terakhir, terapkan kontrol dan berikan reward dan punishment untuk setiap nilai-nilai yang dijalankan oleh entrepreneur.

Inilah yang perlu menjadi perhatian pensiunpreneur dalam membangun bisnis yang profitable, bermanfaat bagi banyak orang, menjaga kelestarian alam, berkelanjutan serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar....
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: