Perubahan zaman memang tidak bisa dihindari, tergantung kitanya mau apa tidak mengikuti perkembangan tersebut. Bisa jadi jika kita tidak mengikuti perkembangan zaman, kitalah yang akan ditinggalkan oleh zaman tersebut.

Begitupun para pengusaha mikro kecil menengah (UMKM) dimana mereka haus terus uptodate dalam memasarkan produk atau jasanya. Dalam Belbiz 9 Februari 2018 di radio K Lite 107,1 FM di ulas tentang digitalisasi produk UMKM, degan narasumber Agung Cahyadi dari Cyber UMKM Sinergitas ABCGM.

Di Cyber UMKM, Agung menawarkan satu system terpadu yang bisa menjadi solusi bagi UMKM. “Dengan cyber UMKM kami bisa membantu para UMKM untuk go onlne,” kata Agung.

Agung menambahkan bahwa Cyber UMKM tidak hanya membantu memasarkan produk para UMKM, namun  membantu dalam aspek lainya seperti pembuatan foto produk yan layak untuk di display di online. Tentunya hal itu dapat sangat membantu para pengusaha dalam menjual produknya, konsumenpun akan lebih memilih produk yang memiliki gambar yang baik dan jelas.

Lalu Agung menambahkan bahwa terdapat juga layanan packing yang akan dilakukan oleh tim cyber UMKM untuk membantu jasa delivery. “Tentunya packing luar akan menjadi sangat penting, karena jika packing liarnya tidak bagus, produk besar kemungkinannya untuk rusak dalam pengiriman,” jelas Agung.

Jika dilihat UMKM memang wajib untuk go online agar produkya bisa dikenal lebih luas lagi. Dengan cyber UMKM tentunya akan membantu perluasan jaringan dibantu dengan beberapa aplikasi yang akan di ajarkan kepada UMKM langsung dari Cyber UMKM.

Meriza hendri mengatakan bahwa, UMKM itu wajib untuk menggunakan system online. Baik bisninya berupa consumer goods maupun jasa. “Dengan begitu kita memiliki etalase tentang usaha kita, karena konsumen kini akan melihat etalase produk kita dulu sebelum membeli produk kita,” kata Meriza

Untuk para UMKM jika tidak bisa atau tidak mengerti UMKM, maka kita bisa belajar melalui cyber UMKM. Dan tentunya banyak sekali ilmu yang bisa kita peroleh untuk dapat meningkatkan bisnis kita.

“Memang sebuah kendala jika kita tidak bisa menggunakan teknologi untuk meningkatkan usaha kita, namun tentunya itu bukankah sebuah masalah, bagi para pengusaha yang mungkin ada di generasi X bisa mencoba bantuan dari anaknya atau bahkan cucunya untuk mengerti dan memahami system online untuk meninkatkan usaha, yang pasti kita tidak boleh berhenti mencoba, dan terus belajar untuk bisa meningkatkan kualitas usaha kita dari mikro ke kecil dan ke menegah,” tutup Meriza.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: