Salah satu program rutin hasil kerjasama PT Strabiz Manajemen Bandung dengan Radio K-Lite 107,1 FM adalah Belajar Bisnis atau yang seringkali diberi nama Belbiz on Radio K-Lite dengan memberikan bahasan berupa talkshow santai yang berhubugan dengan entrepreneurship atau kewirausahaan, khususnya strategic entrepreneurship. Program yang sudah berjalan selama empat tahun dan dijawal setiap Jumat malam pukul 19.15- 20.15 WIB.

Program Belbiz pada hari Jumat, 16 Maret 2018 membahas bagaimana seorang entrepreneur untuk sukses perlu aktif dalam sebuah ekosistem bisnis yang bernama Koperasi dengan menghadirkan seorang manajer koperasi KPDK 12 Juli yaitu Ade Rukmana. Berbagai pengetahuan dan pengalaman Ade dalam menjalankan amanah sebagai manajer koperasi.

Meriza Hendri, Direktur PT Strabiz Manajemen Bandung dan Dosen MM Universitas Widyatama memberikan gambaran bahwa setiap entrepreneur itu memiliki keterbatasan sumber daya, baik itu keuangan, pasar, fasilitas dan bahan baku serta sumber daya manusia. “Entrepreneur itu memiliki keterbatasan yang seharusnya dapat ditutupi dengan memanfaatkan social capital” kata Meriza.

Oleh karena itu, Meriza menyarankan utuk memanfaatkan social capital dari ekosistem berupa Koperasi. “Koperasi merupakan salah satu badan hukum di perekonomian Indonesia selain BUMN dan BUMS dan Koperasi ini bisa menjadi sumber untuk entrepeneur agar bisa menutupi keterbatasan bisnis” tambahnya.

Ade Rukmana menjelaskan koperasi KPDK 12 Juli yang sudah berusia 53 tahun dan berawal di Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat dan beranggotakan para pegawai Negeri Sipil (PNS). “Akan tetapi, sejak tahun ini, ada perubahan AD/ART dimana dibuka kesempatan bagi non PNS untuk bergabung dalam Koperasi KPDK 12 Juli” kata Ade.

Koperasi KPDK 12 Juli siap bersinergi dengan para entrepreneur dalam menjalankan dan menumbuhkembangkan bisnis melalui layanan simpan pinjam. “layanan ini diberikan kepada anggota koperasi KPDK 12 Juli dan tentunya mengikuti syarat-syarat yang sudah ditetapkan untuk menjaga kesehatan koperasi” tambah Ade.

Koperasi KPDK 12 Juli sudah menjadi koperasi yang sehat dengan laporan keuangan yang sudah diaudit serta pelaksanaan RAT tahunan. Mereka sudah mampu mengelola koperasi dan tentu akan terus ditingkatkan. “disinilah pada akhirnya setiap entrepreneur yang ingin maju dan memanfaatkan koperasi sebagai ekosistem untuk maju” kata Meriza.

Acara belbiz diteruskan dengan menjawab pertanyaan dari sahabat Belbiz tentang bisnis, manajemen dan koperasi dan dua orang penanya terbaik mendapat pulsa dari STRABIZ Manajemen Bandung. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: