Sering kali kesulitan modal menjadi alasan utama bagi sesorang dalam bisnisnya. Mereka selalu megeluhkan kekuarangan modal sebagai pemicu bisnis merka kurang berkembang. Meski anggapan itu tidak seluruhnya benar ada sebuah solusi untuk penambahan modal dari BUMN non perbankan yang tentunya bisa kita kita manfaatkan.

PT PNM (Permodalan Nasional Madani) Persero merupakan lembaga non perbankan yang bisa menjado solusi alternative bagi para pebisnis untuk mendapatkan mpdal tambahan. M Dida Gursida selaku kepala cabang PNM Kota Bandung menyampaikan daam talk show bisnis Belbiz yang di selenggarakan setiap Jum’at malam pukul 19:15 hingga 20 :15 WIB di Radio K Lite 107,1 FM Bandung.

Dida menjelaskan bahwa sampai saat ini PNM bsa mengcaover dana maksimum sebesar hingga Rp 700 juta. “Untuk peminjaman modal di PNM sendiri maksimal yang bisa di ajukan sebesar R 700 Juta, namun untuk mendapatkanya tetnu harus sudah menjadi nasabah yang memiiki track record baik di PNM,” kata Dida.

Bagi para pebisnis pemula tentunya pinjaman bisa di sesuaikan dengan kebutuhan, “bagi para pemula nanti ada survey kelayakan usaha, disana baru bisa kita lihat mereka memnutuhkan modal berapa,” ucap Dida.

Sayarat yang diperlukan oleh PNM bagi calon nasabah tidaklah sulit, hanya kelengkapan identitas diri, usia minimal 21 tahun, atau sudah menikah surat keterangan usaha, bisnisnya telah berjalan sekurang kurangnya 2 tahun dan memiliki agunan berupa fix asset yang nasabah atau keluarganya miliki.

Tapi ada yang menjadi benefit lebih bagi nasabah jika gabung di PNM, yaitu peningkatan kapasitas usaha usaha yang disediakn oleh PNM melalui pelatihan berkala. Setiap nasabah di undang untuk hadir daam pelatihan tersebut untuk mendapatkan ilmu terkait bisnis mereka, lalu para nasabah yang telah di latih tersebut akan di damping oleh pendamping PNM yang akan terus mengaping pserta untuk bisa tubuh dan berkembang.

Meriza Hendri pakar entrepreneur mengungkapkan bahwa peluang ini bisa sangat baik selaki jika dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para entrepreneur. Dimana peluang untuk mendapatkan ambahan modal dan juga peluang untuk bisa tumbuh dan berkembang.
 
“Dengan menjadi nasabah PNM, tentunya kita mendapatkan benefit yang besar sekali, dan hal itu wajib hukumnya untuk di manfaatkan oleh setiap entrepreneur,” kata Meriza.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: