Setiap entrepreneur harus memiliki kompetensi yang berhubungan dengan soft skill dalam menjalankan bisnis, apalagi dalam konteks bagaimana entrepreneur mengelola atau memanage bisnis di tengah upaya mereka mencapai tujuan.  Semuanya sangat tergantung kepada kualitas soft skill yang harus dimiliki entrepreneur . berikut soft skills yang harus dimiliki oleh para entrepreneur. 
1. Thinking ability
Kemampuan berfikr menjadi dasar bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis dan bahkan kalau didalami, kemampun berfikir ini akan membuat entrepreneurial mindset atau mindset kewirausahaan yang menjadi faktor utama dalam berbisnis. Bahkan kunci untuk sukses daam bisnis. 

2. Time management
Waktu adalah salah satu sumber daya bagi entrepeneur dan sejatinya harus dikelola dengan sebaik mungkin karena tidak bisa dibeli. Waktu itu akan terus dilewati dan sejatinya entrepreneur bisa mengelola waktu dengan sebaik mungkin. Kemampuan ini bahkan kunci untuk bisa menjalankan bisnis dalam konteks sumber daya yang sangat terbatas dan tidak kembali. 

3. Leadership skill
Kepemimpinan adalah kemampuan setiap entrepreneur mempengaruhi orang lain untuk bisa mencapai tujuan secara efektif dan efisien. leadership ini harus terus dikembangkan entrepreneur karena dalam berbisnis, entrepreneur melibatkan orang lain dan harus bisa digerakkan. 

4. Decision making and problem solving
Ada satu hukum yang harus dipahami entrepreneur yaitu bagaimana mereka menghadapi masalah dalam bisnis, termasuk juga dengan masalah pribadi. Oleh karena itu, diperlukankemampuan membuat keputusan dan menyelesaikan masalah.

5. Communication
Seorang entrepreneur tidak akan bisa menjalankan peran mereka sebagai manajer kalau tidak mampu menjalankan komunikasi dengan efektif. Hal ini penting karena entrepreneur bekerja dengan orang lain dan pastinya komunikasi menjadi kunci.

6. Team building
Kerjasama tim harus diperkuat oleh para entrepreneur dalam menjalankan bisnis ditengah beberapa peran yang harus dijalankan secara bersamaan. Peran ini menjadi kritis kalau tidak di jalankan karena ada peran keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia serta teknologi informasi secara berimbang. 

7. Motivation
Entrepreneur harus bisa memotivasi diri dan juga anggota tim agar bisa bekerja dengan optimal untuk mencapai tujuan perusahaan.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: