Program Pencetakan Seratus Ribu Wirausaha Baru Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan WUB Jabar merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada periode pemerintah Gubernur Ahmad Heryawan tahun 2013 – 2018. Program yang bertujuan untuk mengatasi bonus demografi di Jawa Barat selain memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anak muda untuk menjadi wirausaha, meningkatkan daya saing wirausaha yang sudah berbisnis serta diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Tujuan mulia ini sudah berjalan selama empat tahun dan tahun ini, menjadi tahun kelima program pencetakan seratus ribu wirausaha baru Jawa Barat yang diselenggarakan oleh 13 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Provinsi Jawa Barat. Beberapa diantaranya adalah Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jabar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jabar, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jabar, Dinas pendidikan Provinsi Jabar, Dinas perikanan dan Kelautan Provinsi Jabar, Dinas Perkebunan Provinsi Jabar, Dinas Kehutanan Provinsi Jabar, Dinas Kesehatan Provinsi Jabar dan beberapa dinas lainnya.

Berdasarkan data yang diberikan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat, sampai dengan tahun 2017, jumlah wirausaha baru yang sudah mengikuti program ini mencapai 129 ribu an, yang berarti bahwa jumlah realisasi sudah melewati target seratus ribu. Hal ini belum digabung dengan program yang sedang berjalan. Salah satunya Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat yang berperan sebagai leading sector program ini mencetak 3000 wirausaha baru di tahun 2018.

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana kelanjutan bagi wirausaha baru Jabar yang sudah mengikuti program ini dan juga anak muda yang belum mengikuti program ini? Pertanyaan ini akan menjadi sangat stratejik bagi pemerintah dan juga stakeholders lainnya yang concern dengan gerakan wirausaha di Jawa Barat, apalagi kembali kepada konteks tadi yaitu bonus demografi dari rakyat Jawa Barat yang berjumlah lebih dari 47 juta jiwa ini serta daya saing yang seharusya dimiliki oleh anak muda yang sudah berbisnis.

Untuk menjawab pertanyaan pertama, anak muda yang sudah mendapatkan program WUB ini harus dibina dan diarahkan untuk bisa menjadi wirausaha yang bisa naik kelas atau scale up dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Hal ini menjadi penting karena wirausaha ini yang tersebar di 27 kota dan kabupaten membutuhkan penguatan di empat aspek untuk bisa mencapai competitive advantage atau daya saing agar kinerja bisnisnya bisa sesuai dengan target mereka masing-masing.

Adapun empat aspek yang harus ditingkatkan adalah entrepreneurial mindset atau mindset kewirausahaan, kapabilitas organisasi berupa manajemen stratejik, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia serta teknologi informasi. Yang tidak kalah penting adalah bagaimana WUB ini bisa memanfaatkan social capital atau modal sosial yang diberikan oleh akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media yang tergabung dalam model Pentahelix.

Adapun bagi anak muda yang belum tergabung dalam program WUB ini, diharapkan bagi pemimpin baru di Jawa Barat, bisa dilanjutkan karena ini menyentuh lapisan utama di masyarakat yaitu anak muda yang berusia antara 18 – 55 tahun. Mereka adalah kelompok utama yang menjadi bagian dari bonus demografi tersebut. selain itu, tentu perlunya perbaikan dalam program ini, khususnya dalam konteks peserta yang akan mengikuti program WUB, instruktur yang memberikan materi pelatihan, materi pelatihan, metode pelatihan serta tindak lanjut dari program WUB. Yang tidak kalah penting adalah perkuatan kontribusi dari penta helix dalam kerangka peningkatan kualitas lulusan WUB ini.

Disinilah stratejiknya program WUB yang semula hanya sebuah program unggulan dari Ahmad Heryawan selaku gubernur, tetapi sudah memberikan multiplier effect yang seperti bola salju untuk pengembangan wirausaha di Jawa Barat. Rasanya, tidak ada alasan untuk tidak melanjutkan program ini dan juga meningkatkan kualitas lulusan program WUB ini.
Share To:
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

meriza hendri

Post A Comment: