Apakah bisnis itu harus membangun restoran? Pabrik? Bertani? Tidak selamanya bisnis itu seperti itu bagi para pensiunpreneur. Kita memiliki keterbatasan, apalagi waktu ketika masih aktif diperusahaan menjelang pension. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Kembali kekonsep dasar, apa itu bisnis. Bisnis itu hakekatnya adalah create money dan create value atau memberikan value adde/nilai tambah. Dalam konteks ini, bisnis dapat dikelompokkan secara umum menjadi agro, manufaktur dan jasa. Yang ketiga inilah yang bisa dilakukan oleh calon pensiunpreneur dengan menjadi perantara dalam bisnis.

Seringkali orang bilang jadi calo, reseller, agen, distributor dan lain-lain. Sejatinya, calon pensiunpreneur harus menyadari bahwa ini juga bisnis karena ada konsep create money disini berupa profit serta create value dimana menambah nilai dari sebuah produk dari produsen kepada konsumen. Jangan malu menjadi perantara bisnis karena itu juga bisnis ditengah kita bekerja.

Reseller itu hebat karena punya hubungan baik dengan produsen, tahu tentang produk dan tahu tentang konsumen sehingga bisa menjadi penghubung atau perantara sehingga nilai sebuah produk menjadi bertambah dari produsen sampai consumen.

So, masih takut jadi pensiunpreneur? Masih bingung mulai jadi pensiunpreneur? Menjadi perantara bisa menjadi salah satu alternative bisnis bagi calon pensiunpreneur.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: