Assalamualaikum wr.  Wb. Pak, ketika bicara peluang, apakah semua hanya dari luar diri setiap entrepreneur? Adakah dari dalam?  Waalaikum salam,  (Cindy, Bandung)

Salam Belbiz, buat Cindy, Bicara lingkungan bisnis, ada tiga lingkungan bisnis para entrepreneur yaitu lingkungan diri sendiri, lingkungan internal bisnis dan lingkungan eksternal bisnis yang pastinya akan berpengaruh kepada bisnis para entrepreneur. Ada empat dimensi yang bisa dipakai yaitu kekuatan dankeleahan, peluang dan ancaman bagi para entrepreneur dalam menjalankan bisnis. 

Adapun peluang itu berasal dari lingkungan eksternal setiap entrepreneur dan itu berada di luar diri para entrepreneur, termasuk luar bisnisnya. Apa saja? Ada lingkungan eksternal mikro yaitu pesaing, konsumen, distributor dan juga supplier. Adapun lingkungan eksternal makro adalah politik, ekonomi, social dan budaya serta teknologi. 

Inilah yang menjadi sumber dari peluang tersebut yaitu lingkungan eksternal. Adapun lingkungan internal lebih ke kekuatan dan kelemahan setiap entrepreneur. 

Jadi, peluang itu berasal dari lingkungan eksternal setiap entrepreneur. 

Itulah jawaban kami semoga bermanfaat untuk cindy dalam mengembangkan bisnis. 

SALAM BELBIZ dari STRATEGIC Manajemen Bandung. 

Jawaban lainnya ada di www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com Jangan lupa dengarkan materi BELBIZ On Radio Minggu ini tentang KEMBALGI MEMBAHAS MENTAL KEWIRAUSAHAAN, Jumat, 27 Juli 2018.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: