Salah satu hal yang sangat mendasar dalam membangun bisnis adalah bagaimana bisa mengelola sumber daya manusia alias SDM atau karyawan dalam perusahaan. Pensiunpreneur juga mengalami hal yang sama dalam menjalankan bisnis. Untungnya, seorang calon pensiunpreneur ataupun pensiunpreneur memiliki pengalaman sebagai karyawan selama mereka menjadi bagian dari perusahaan orang lain, baik sebagai karyawan apalagi sebagai supervisor, manajer dan bahkan direktur.

Oleh karena itu, MANFAATKAN dalam bisnis sendiri. Yang paling penting dibuat adalah struktur organisasi dalam perusahaan. Ini menjadi dasar untuk optimasi produktivitas karyawan dalam perusahaan atau bisnis para pensiunpreneur.

Yang penting tentu adalah komisaris, direktur, fungsi keuangan dengan keuangan dan akuntansi, fungsi pemasaran dengan branding dan selling, fungsi operasi dan fungsi sumber daya manusia serta fungsi teknologi dan informasi. Tidak lupa dibuat gambaran tugas dan syarat untuk menduduki posisi tersebut.

Pasti akan terkendala siapa yang akan menjalankannya karena tidak mungkin rekrut orang untuk semua posisi dulu. Disinilah pensiunpreeur harus mulai menjalankanya sendiri, yang penting, sudah tahu fungsi-fungsi dalam bisnis. Disinilah pentingnya pengalaman kerja diperusahaan dan sesuaikan dengan bisnis sendiri.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Manfaatkan pengetahuan dan pengalaman selama menjadi karyawan untuk membuat struktur organisasi bisnis?. Mau Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.comwww.strategidanbisnis.comwww.strabiztv.com,
Tulisan besok akan membahas SOFT SKILLS bagi Pensiunpreneur
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: