Ada yang menarik dari diskusi dengan beberapa calon pensiunpreneur dari birorat bebera waktu lalu yaitu bagaimana mereka yang sudah berbisnis dimasa kerja, ingin mengembangkan bisnis. Bapak ini adalah salah satu pejabat tinggi di pemerintahan kabupaten dan sedang menjalankan binsis kuliner, outbound dan lain-lain. Hanya saja, setelah pensiun, ingin mengembangkan bisnis lagi. Bagaimana baiknya? Beliau bertanya kepada saya.

Saya bilang, bapak, jangan mengembangkan bisnis dulu ke area yang lain karena itu akan membahayakan bisnis bapak yang sudah jalan. Kenapa? Karena berhubungan dengan bagaimana bisnis baru itu akan mempengaruhi bisnis yang sudah jalan. Seringkali bisnis baru akan membutuhkan knowledge, skill dan attitude yang baru sehingga butuh perhatian khusus.

Ketika bisnis yang sudah berjalan belum terlalu kuat, maka lebih baik perkuat dulu bisnis yang sudah jalan ini karena kata bapak tersebut masih dijalankan oleh istri dan keluarga. Ini penting karena meningat konsep dasar yaitu bagaimana sejatinya seorang entrepreneur itu harus mengerti bisnis dan lingkungan bisnis agar bisa berhasil optimal dan menerapkan manajemen agar bisnsisnya bisa tumbuh dan berkembang dalam jangka panjang.

Inilah yang harus dipahami oleh setiap calon pensiunpreneur ataupun pensiunpreneur dalam mengembangkan bisnis. Lebih baik perkuat dulu manajemen bisnis yang sudah berjalan daripada membangun bisnis baru yang akan memilki potensi untuk gagal lebih besar.  

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Perkuat manajemen bisnis yang sudah dijalankan oleh istri ataupun keluarga. Mau Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN STRATEJIK bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: