Assalamualaikum wr.  Wb Mau tanya, pak saya punya warung di area tempat wisata jika kepada penduduk saya menjual dengan harga normal, tapi jika kepada wisatawan yang dari jauh harganya saya naikan jadi lebih mahal. Pak apakah strategi jualan saya itu sudah tepat atau belum?wassalam (Yuliana Yuliana di Holis,, Bandung)

Waalaikum salam Ibu Yuliana,  Salam Belbiz, buat Ibu. Bicara harga, adalah salah satu strategi yang seringkali dilupakan oleh para entrepreneur karena perhatinnya langsung ke harga dan apa hubungannya dengan kondisi jangka panjang perusahaan. Yang penting, produk terjual dan dapat memberikan untung bagi bisnis para entrepreneur. 

Tahukah Ibu bahwa dalam harga melekat bentuk strategi yang dipilih oleh para entrepreneur dalam berbisnis. Kesalahan dalam penetapan harga akan berdampak kepada perusahaan dimasa depan dan pastinya akan merugikan perusahaan. 

Tentu hal ini juga berlaku bagi Ibu Yuliana karena ketika salah menetapkan harga produk bagi wisatawan dan orang sekitar, akan berdampak negative di jangka menengah dan panjang. 

Untuk itu, ketika kondisi yang dihadapi Ibu seperti di atas, lebih baik strategi yang diambil adalah market price bagi wisatawan dan kemudian, agar masyarakat sekitar tetap bisa merasakan, berikan mereka diskon. Hal ini tetap akan memberikan value kepada wisatawan dan masyarakat sekitar serta “mengamankan” image teteh di mata mereka.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: