Salah satu tantangan para calon pensiunpreneur dan juga pensiunpreneur adalah membuat strategi bisnis. Hal ini jelas tantangan yang tidak ringan karena berhubungan dengan bagaimana membuat pilihan yang terbaik bagi pemegang saham, konsumen serta manajemen perusahaan dan karyawan ditengah tingginya tingkat persaingan saat ini.

Kalau boleh dibilang, strategi ini adalah kunci bagi pensiunpreneur dan calon pensiunpreneur dalam membangun perusahaan mereka saat ini dan yang jangka panjang karena berhubungan dengan hakekat bisnis yang mereka jalankan tersebut.

Kalau dilihat, pensiunpreneur harus benar-benar memulai dari strategi inovasi dalam memulai bisnis karena inovasi akan menghasilkan perbedaan atau differensiasi dengan produk yang ditawarkan oleh pesaing dan pastinya diterima oleh konsumen.

Inovasi itu banyak maknanya dan kalau kita lihat esensinya, bagaimana membuat ide-ide pada produk, system bisnis, konteks memberikan produk kepada konsumen yang berbeda dari pesaing dan bisa diterima pasar. Inovasi ini bisa dilakukan kepada produk, barang, jasa, keuangan, proses produksi, sumber daya manusia.

Satu lagi yang perlu dipahami yaitu bagaimana pensiunpreneur harus menyadari bahwa strategi ini akan berdampak jangka panjang. Oleh karena itu,harus benar-benar dibuat program keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia untuk menjalankannya.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Ingat kembali pilihan strategi ketika bekerja dulu dan manfaatkan di bisnis sendiri. Mau Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN KEUANGAN bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: