Saat ini, bisa dilihat bagaimana perubahan perilaku pasar atau consumer behavior setiap entrepreneur yang sangat dipengaruhi oleh teknologi informasi. Lihat saja dari pola belanja yang dilakukan oleh masyarakat dengan menggunakan internet. Tidak perlu ke mall, ke pasar, ke restoran, ke toko dan lain-lain. Masyarakat tinggal dirumah, tinggal cari produk, pesan produk, bayar produk sampai dengan terima produk dari supplier.  

Salah satu lingkungan eksternal yang harus diamati dan dipahami dengan baik oleh para entrepreneur adalah konsumen. Konsep CONSUMER BEHAVIOR harus dipahami dengan baik oleh para entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Ini adalah konsep dasar yang sejatinya para entrepreneur bisa pahami dan bahkan manfaatkan untuk pengembangan bisnisnya.

Consumer behavior berhubungan dengan bagaimana konsumen memahami masalah yang mereka hadapi, mencari alternative solusi atas produk yang dibutuhkan, dibandingkan dan dibeli serta mengevaluasi setiap hasil pembelian yang sudah dilakukan.

Dalam konteks bisnis saat ini, setiap entrepreneuer harus bisa melihat dan menganalisis perilaku pasar setiap orang. Tidak bisa lagi pemetaan berbasis kepada geografi atau wilayah karena sudah tidak terlalu relevan lagi. Juga sudah tidak bisa menggunakan demografi dan juga psikografi. Yang harus dilakukan adalah analisis terhadap perilaku.

Oleh karena itu, sejatinya setiap entrepreneur benar-benar memahami mempelajari setiap saat perilaku konsumen untuk dimanfaatkan pada pengembangan produk dan layanan. Caranya? Baca konsep consumer behavior dan lakukan analisis terhadap perilaku konsumen.

Bagaimana dengan anda? Siap menerapkan strategic marketing dalam bisnis?
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: