Kenapa bisnis yang sudah dijalankan oleh istri atau anak saya selama ini tidak bisa berkembang ya Pak Meriza? Pertanyaan salah seorang calon pensiunpreneur yang sdh memiliki bisnis bersama istri dan anaknya. Padahal, berdasarkan konsep yang sy berikan, beliau sudah memulainya bersama istri dan anak nya.

Mungkin ini bisa terjadi juga pada diri teman-teman dimana bisnis yanng sudah dijalankan sambil bekerja di perusahaan orang lain, tidak berkembang alias stagnan. Sayang sekali yaa, padahal sudah memulainya dengan baik.

Saya coba lihatt dari satu aspek bisnis yang sering "dilupakan" oleh calon pensiunpreneur atau bahkan pensiunpreneur sekalian. Apa itu? BUSINESS PROCESS.

Iya..aspek ini seringkali di nomor sekiankan karena lebih fokus ke keuangan karena  butuh modal, pemasaran karena harus menjual dan sumber daya manusia karena bekerjasama.

Sejatinya,  seorang calon pensiunpreneur ataupun pensiunpreneur lebih kuat di business process karena mereka punya pengetahuan dan pengalaman selama bekerja atau berstatus karyawan.

Salah satunya adalah menggunakan Standard Operating Procedure atau SOP. Inilah yang perlu dibuat dalam bisnis teman-teman. TULISKAN APA YANG DIKERJAKAN DAN KERJAKAN APA YANG DITULIS. konsep ini bisa dilakukan dengan melakukan ATM, Amati, Tiru dan Modifikasi SOP yang pernah dijalankan ketika masih berstatus karyawan.

Inilah yang harus bapak dan ibu lakukan untuk mengembangkan bisnis yaitu dengan membuat SOP dib bisnisnya So, masih takut jadi pensiunpreneur? Masih punya alasan untuk belum berbisnis? Sekaranglah waktunya calon pensiunpreneur memulai bisnis atau TIDAK SAMA SEKALI.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: