Nah lho…kok seorang pensiunpreneur harus sensitive dengan kondisi lingkungan bisnis yang terdiri dari lingkuingan mikro dan makro bahkan lingkungan global? Pertanyaan ini mungkin menjadi salah satu hal yang penting bagi pensiunpreneur dalam konteks bagaimana menjadi seorang ahli strategi bisnis atau strategic management.  

Sejatinya seorang pensiunpreneur harus benar-benar bisa memperhatikan kondisi lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Ada satu cerita bagaimana seorang pensiunpreneur yang melihat peluang dari kebutuhan teknologi oleh pelaku UMKM dengan menawarkan aplikasi penjualan secara online.

Inilah salah satu hasil dari lingkunga yaitu menjadi peluang bagi pensiunpreneur dimana mereka benar-benar bisa memanfaatkannya dengan optimal. Kalau begitu, kembali ke konsep lingkungan bisnis yaitu bagaimana pensiunpreneur bisa mendapatkan peluang atau ancaman dari perubahan lingkungan eksternal dan sebaliknya, menjadi kekuatan ataupun kelemahan dari lingkungan internal bisnis.

Inilah sejatinya yang harus dipahami oleh setiap pensiunpreneur ketika melihat kondisi lingkungan yang berada di sekitar mereka. Oleh karena itu, sensitiflah dengan kondisi lingkungan eksternal bisnis para pensiunpreneur karena akan memberikan dampak kepada bisnis kedepan.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Manfaatkan pengalaman dalam memperhatikan lingkungan bisnis selama bekerja. Mau Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com, 

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN KEUANGAN bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: