Dalam konteks business process yang dijalankan oleh para pensiunpreneur, ada satu konsep yang harus dipahami yaitu SIPOC. Apa itu? Konsep business process yang harus diselesaikan oleh pensiunpreneur mulai dari supplier, input, process, output serta consumer. Lho kok seperti ini?

Bagi saya, ini penting bagi para pensiunpeneur untuk paham terlebih dahulu bagaimana menjalankan bisnis, khususnya yang berhubungan dengan proses produksi, baik kuliner, fashion ataupun yang lain. Perlu dipahami, disetiap prosesSIPOC, berhubungan dengan biaya dan hasil yang dicapai.

Ketika pensiunpreneur tidak bisa mengendalikan biaya ini, akan berisiko untuk pencapain profit karena biaya akan meningkat.

Lalu, apa itu? Itu adalah supplier yang harus dikelola dengan baik agar bisa memberikan produk yang optimal dengan biaya yang relative bersaing. Input adalah proses penghantaran bahan baku dari supplier kepada perusahaan, tepatnya gudang para pensiunpreneur. Lalu, proses, yaitu pengubahan bahan baku menjadi bahan jadi.

Output adalah proses menghantarkan produk dari perusahaan sampai kepada konsumen melalui jasa pengiriman ataupun penyampaian secara langsung, terakhir adalah consumer yaitu bagaimana mengelola konsumen agar puas dan loyal kepada bisnis para pensiunpreneur.

Hmmmm…. Rasanya, pensiunpreneur sedikit banyak memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam SIPOC ini. Tinggal analisis lagi bisnisnya dan desain untuk bisnis sendiri serta terapkan secara optimal.
Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Manfaatkan pengalaman business process berupa SIPOC ketika bekerja dulu.

Mau Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: