Salah satu keunggulan dari seorang calon pensiunpreneur adalah pengetahuan dan pengalaman ketika menjalankan tugas perusahaan dengan dasar Standard Operation Procedures atau yang lebih dikenal dengal SOP.

Setiap orang yang pernah bekerja di perusahaan orang lain pasti akan diminta mempelajari SOP, memahami dan bahkan menerapkan SOP dalam pekerjaan. Bahkan secara berkala akan dilakukan audit atas pelaksanaan SOP. masih ingat, kan? Pasti masih ingat. Dengan SOP, kita kerja terpola dan terarah.

Lalu, bagaimana hubungannya dengan calon pensiunpreneur? Ini menjadi salah satu intangible asset untuk berbisnis. Kenapa demikian? Ini adalah bagian penting untuk bisa membangun bisnis yang profitable, people, planet, sustain dan growth serta berkah. 

Maka dari itu, mulai menuliskan proses bisnis di rencana usaha yang akan di jalankan dan dikembangkan. Tulis dan kerjakan..lalu, perbaiki lagi. Sebagai contoh, SOP membeli bahan baku ke supplier, proses penyimpanan bahan baku, produksi, pengiriman barang sampai konsumen. Inilah SOP nya.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Manfaatkan pengalaman menjalankan SOP, apalagi pernah membuatnya. Mau Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,  

Tulisan besok akan membahas MANAJAMEN SUMBER DAYA MANUSIA bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: