Apa yang bisa membuat bisnis kita bisa jangka panjang, Pak Meriza? Demikianlah pertanyaan salah seorang peserta pelatihan Pensiunpreneur Siapa Takut dari salah satu BUMN di Sulawesi Tenggara. Inilah yang ingin saya bagikan ketika membahas tentang strategic management bagi setiap pensiunpreneur. 

Jawabannya sederhana, bapak. Apakah itu? Pensiunpreneur harus menjadi AHLI STRATEGI BISNIS untuk bisnis yang dijalankannya. Inilah hakekat yang membedakan antara seorang karyawan dengan pensiunpreneur karena ketika mereka masih berstatus sebagai karyawan, hal ini dilakukan oleh manajemen perusahaan, sementara, ketika jadi pensiunpreneur, mereka harus menjalankannya sendiri. 

Kalau ini tidak dilakukan, maka bisnisnya akan BERANTAKAN. Oleh karena itu, ingat kembali ketika ikut serta membuat RKAP atau rencana kerja dan anggaran perusahaan dengan menganalisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan yang kemudian mendapatkan posisi perusahaan sampai dengan strategi bisnis dan anggaran perusahaan. 

Adapun bagi pensiunpreneur, analisis dilakukan pada lingkungan diri, internal dan eksternal bisnis yang kemudian didapatkan posisi bisnis dan menerapkan strategi INOVASI. Inilah pilihan strategi bagi pensiunpreneur. Inovasi di produk, layanan, proses, keuangan, pemasaran, sumber daya manusia dapat dilakukan oleh para pensiunpreneur sehingga berbeda dengan pesaing dan dapat dinikmati oleh konsumen. 

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Buat STRATEGI. Mau Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,  

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN KEUANGAN bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: