Ada yang menarik ketika bicara business process dalam sebuah perusahaan yang dijalakan oleh pensiunpreneur yaitu yang berhubungan dengan kualitas. Hmmmm..serius? iya, karena berhubungan  dengan apa yang dijalankan dan hasil yang dicapai dalam konteks bisnis.

Inilah yang menjadi pembeda antara pebisnis yang berbasis pernah bekerja dan tidak pernah pekerja. Artinya, mantan karyawan dan yang tidak bekerja, akan berbeda dalam melihat kualitas.

Tentu calon pensiunpreneur selalu dituntut untuk bisa focus kepada kualitas dalam pekerjaan yang didasarkan pada spesifiikasi pekerjaan yang harus diselesaikan. Lihat saja setiap tugas dari atasan atau perusahaan, maka ditetapkan dulu standar kualitas pekerjaan tersebut. Mulai dari bentuk, bahan baku, daya tahan, estetika dan lain-lain kalau produknya berupa barang. Sedangkan jasa, berstandar TERRA, tangible, empathy, responsiveness, reliability serta assurance.

Kualitas selanjutnya adalah kualitas proses yang berbasis kepada SOP yang ada di perusahaan. Atasan tidak mau menerima pekerjaan kalau prosedurnya salah karena akan menjadi temuan dalam system audit.

Bagaimana sekarang? Inilah yang harus dilakukan oleh setiap calon pensiunpreneur dan atau pensiunpreneur. FOKUS PADA KUALITAS. Kualitas produk yang dihasilkan serta kualitas proses yang memang menjadi penentu utama atau kunci sukses pensiunpreneur berbisnis. Ingat lagi pengetahuan dan pengalaman di tempat kerja, lalu, terapkan di bisnis sendiri.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Berani menerapkan standar kualitas serta unggul dibanding pesaing?. Mau Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,  
Tulisan besok akan membahas HUMAN CAPITAL bagi Pensiunpreneur
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: