Assalamualaikum wr.  Wb. Pak, mau Tanya, apakah setiap seorang pengusaha atau sebuah perusahaan itu harus mempunyai visi secara tertulis agar bisa dijalankan oleh semua karyawan Waalaikum salam, (Kusmana, Lengkong, Bandung)

Salam Belbiz, buat Kusmana. Visi itu adalah impian jangka panjang setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis yang berbasis kepada kekuatan diri dan dibatasi oleh tahun. Biasanya 5-10 tahun sehingga menjadi arahan dan acuan selama menjalankan bisnis. Selain itu, akan menjadi bagian dari visi bisnis yang mereka buat sehingga menjadi panduan setiap karyawan yang terlibat dalam bisnis.

Oleh karena itu, visi harus ditulis oleh setiap entrepreneur agar bisa menjadi dasar yang tidak berubah-rubah ketika menjalankan bisnis. Tuliskan dengan beberapa dasar, yaitu spesifik, terukur, logis, dapat dicapai serta dibatasi waktu 5-10 tahun kedepan.

Setelah visi ditulis, harus disosialisasikan kepada karyawan agar setiap karyawan dapat mengetahui dan memahami serta menjalankan program untuk mencapai visi. Penting untuk menjalankan tahapan ini karena akan menentukan apakah visi itu hanya sebatas lip service atau tidak.

Yang tidak kalah penting adalah bagaimana entrepreneur juga focus kepada visi dan bahkan menjalankan program untuk mencapainya agar setiap karyawan mengikuti setiap entrepreneur dalam pencapain visi. Yang terakhir, evaluasi visi ini agar bisa sesuai dengan perubahan lingkungan bisnis dalam kerangka waktu setiap tahun.

Itulah jawaban kami semoga bermanfaat untuk Bapak dalam mengembangkan bisnis. SALAM BELBIZ dari STRATEGIC Manajemen Bandung.

Jawaban lainnya ada di www.strategidanbisnis.comwww.strabiztv.com Jangan lupa dengarkan materi BELBIZ On Radio Minggu ini tentang MENCARI PELUANG BISNIS, Jumat, 20 Juli 2018.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: