Assalamualaikum wr.  Wb. Bagaimana tips bertahan UMKM kita yang terbentur masalah financial, misal kredit macet dan bagaimana cara menggulirkan agar bisa BEP? Waalaikum salam, (Komar, Cimahi)

Salam Belbiz, buat Komar. Entrepreneur akan menghadapi masalah dalam bisnis khususnya bagaimana masalah keuangan bisnis. Ini Bisa terlihat ketika entrepreur menggunakan uang pinjaman dalam bisnisnya. Dalam konteks bisnis, memang lebih baik jangan berhutang kalau memulai bisnis, akan tetapi, kalau mengembangkan bisnis, boleh berhutang atau meminjam uang dari pihak ketiga.

Ketika terbentur masalah keuangan,seperti kredit macet. Tentu yang harus kita lakukan adalah menjelaskan kepada kreditor tentangposisi keuangan entrepreneur. Selain itu, perlu juga dijelaskan kondisi bisnis saat ini dan tantangan dari lingkungan. Hal ini penting agar bisa dipahami oleh pihak kreditor tentang diri entrepreneur dan juga kondisi bisnis.

Selanjutnya, memanfaatkan dana yang ada untuk mulai menggerakkan bisnis agar bisa memberikan hasil dalam bisnis. Hal ini penting karena berhubungan dengan sejauh mana entrepreneur bisa memutar uang tersebut dengan baik. Atur penerimaan dan pengeluaran agar bisa memberikan profit perusahaan.

Itulah jawaban kami semoga bermanfaat untuk Komar dalam mengembangkan bisnis.

SALAM BELBIZ dari STRATEGIC Manajemen Bandung.

Jawaban lainnya ada di www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com Jangan lupa dengarkan materi BELBIZ On Radio Minggu ini tentang INOVASI, Jumat, 17 Agustus 2018.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: