Assalamualaikum wr.  Wb. Bagaimana Menangkap peluang dari lingkungan yang mungkin tidak disadari bahwa itu menghasilkan? Waalaikum salam, (Dudi Nanjug, Bandung)

Salam Belbiz, buat Dudi. Peluang itu berasal dari lingkungan bisis dan salah satunya adalah masyarakat. Hanya saja, seringkali orang tidak menyadarinya karena sejatinya peluang itu berasal dari masalah yang  dihadapi oleh masyarakat itu sendiri. Masalah itu adalah sumber peluang yang menjadi awal untuk produk yang ditawarkan oleh entrepreneur. ‘

Hanya saja, ada masalah yang dirasakan oleh masyarakat itu terlihat atau di dengar dan ada juga yang tidak didengar ataupun dilihat. Disinilah pentingnya seorang entrepreneur melakukan penelitian kecil-kecilan dengan lebih mendalam mencari tahu tentang apa yang dirasakan oleh masyarakat. Dalam konteks ilmu manajemen, ini disebut latent demand yaitu permintaan yang tidak disampaikan oleh masyarakat kepada entrepreneur.

Ketika kita sudah mengetahui masalah masyarakat dan jadi peluang, maka ini adalah awal untuk menawarkan produk untuk masyarakat.

Itulah jawaban kami semoga bermanfaat untuk Dudi dalam mengembangkan bisnis.

SALAM BELBIZ dari STRATEGIC Manajemen Bandung.

Jawaban lainnya ada di www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com Jangan lupa dengarkan materi BELBIZ On Radio Minggu ini tentang MANFAATKAN COOERATIVE FAIR JABAR, Jumat, 10 Agustus 2018.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: