Assalamualaikum wr.  Wb. Bagaimana tips memanfaatkan modal sosial ini? Dendi, Bandung.

Salam Belbiz, buat Dendi. Modal social sejatinya harus dimanfaatkan oleh setiap entrepreneur dalam mengembangkan bisnis masing-masing. Jangan sampai tidak dimanfaatkan karena akan berdampak kepada bisnis kedepan. Ketika ini tidak dimanfaatkan, maka bisnis akan terus mengalamai kendala untuk tumbuh dan berkembang.

Modal social itu berupa informasi, akses pasar, akses perijinan, akses pembiayaan, akses mendapatkan fasilitas yang didapatkan secara gratis dari akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah serta media. Jelas ini adalah sumber mendapatkan modal social dalam bisnis.

Oleh karena itu, yang perlu disiapkan oleh para entrepreneur agar mendapatkan modal social adalah mindset. Kenapa demikian. Karena hal ini berhubungan dengan pola pikir dan sikap mental. Jadikan modal social ini sebagai kebutuhan dasar yang harus didapatkan oleh entrepreneur.

Kedua, petakan kebutuhan setiap entrepreneur dalam diri dan bisnisnya. Hal ini berhubungan dengan penguatan diri dan bisnis. Ketiga, membangun hubungan baik dengan akademisi, bisnis, komunitas dan pemerintah serta media agar bisa mengetahui apa yang mereka berikan dan hubungkan dengan kebutuhan setiap entrepreneur.

Keempat, lakukan pengajuan kepada pihak tadi. Dan manfaatkan setiap peluang yang diberikan oleh mereka serta jaga kepercayaan mereka.
Itulah jawaban kami semoga bermanfaat untuk Dendi dalam mengembangkan bisnis.
SALAM BELBIZ dari STRATEGIC Manajemen Bandung.
Jawaban lainnya ada di www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com Jangan lupa dengarkan materi BELBIZ On Radio Minggu ini tentang INOVASI, Jumat, 24 Agustus 2018.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: