Salah satu femomena yang seringkali ditemukan saat ini adalah para entrepreneur belum memposisikan diri mereka sebagai seorang ahli strategi bagi bisnisnya. Padahal, kalau dilihat, sejatinya entrepreneur itu adalah seorang chief executive officer atau ceo bisnis yang mereka jalankan dan kembangkan. Temuanya adalah mereka belum berperilaku seperti seorang CEO.

Rasanya, ini adalah sebuah kesalahan dalam mindset atau sikap mental dalam menjalankan bisnis ditengah lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Bisnis dilihat sebagai sebuah hal yang sudah biasa dan jalan begitu saja. Padahal. Salah satu kunci suksesnya adalah bagaimana entrepreneur bisa mengoptimasi peluang dan meminimalisir ancaman dari lingkungan bisnis. Sebaliknya, mengoptimasi kekuatan dan meminimalisir kelemahan.

Oleh karena itu, seorang entrepreneur harus bisa menjadi seorang CEO. Caranya? Mulai tanamkan dalam mindset bahwa entrepreneur adalah CEO dan belajar profile seorang CEO sukses dalam bisnis. Banyak CEO yang bisa dijadikan contoh dan sejatinya entrepreneur dapat mengambil pelajaran dari mereka. Bagaimana mereka menjalankan perusahaan ditengah perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat.

Selanjutya, mempelajari strategic management process mulai dari environmental scanning, strategic formulation, strategic implementation serta strategic evaluation and control. Proses ini harus benar-benar dipahami dan dijalankan untuk bisnis para entrepreneur. Jangan sampai tidak dipahami dengan baik. Manfaatkan ilmu ini untuk bisnis.

Ketika ini sudah bisa dijalankan, barulah seorang entrepreneur bisa disebut sebagai seorang CEO bagi bisnisnya.

Bagaimana dengan anda? Siap menjadi CEO bagi bisnisya?
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: