Menarik ketika bicara tentang kenapa saya selalu mendorong calon pensiunpreneur itu memilih bisnis yang sesuai dengan model integrated successful pensiunpreneur model yang berbasis kepada diri setiap calon pensiunpreneur berupa talent, knowledge, skill, attitude serta morale. Hal ini berbasis kepada BUSINESS PROCESS yang ada di setiap bisnis, baik itu agro bisnis, manufaktur ataupun jasa. Semuanya memiliki business process. 

Keuggulan calon pensiunpreneur ketika memilih bisnis yang sesuai dengan integrated successful pensiunpreneur model ini adalah mereka sudah memiliki kompetensi dalam bisnis ini, khususnya business process. Temuan saya, mereka bisa menuliskan business process yang ada di bisnis tersebut dan mengerjakan proses itu sesuai yang mereka tulis. Karena inilah hakekat dari SOP atau System Operating Procedures (SOP). 

Tentu masih ingat business process bisa disederhanakan menjadi SIPOC yaitu supplier, input, process, ouput serta customer yang harus dijalankan oleh calon pensiunpreneur. Sebagai contoh, ketika calon pensiunpreneur memilih bisnis kuliner karena mereka sebelumnya adalah karyawan di rumah makan. Tentu sedikit banyak mereka sudah memiliki kompetensi di bisnis kuliner, khususnya business process.
Business process ini sangat berkontribusi pada biaya dalam konteks TP = TR – TC yaitu total profit dihasilkan dari total revenue dikurangi total cost. 

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Desain business process dalam bisnis kita. Mau Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: