Menjadi pebisnis tidak membutuhkan banyak hal yang baru karena sejatinya apa yang sudah dijalankan selama bekerjapun bisa menjadi pilihan bisnis bagi calon pensiunpreneur. Percaya atau tidak, hampir semua calon pensiunpreneur  yang saya temui di kelas, baik dari perusahaan Multi National company sampai dengan perusahaan BUMN dan BUMS menyatakan bahwa selama bekerja, mereka pernah menjalankan bisnis. Akan tetapi, GAGAL.

Lalu, pertanyaannya, apakah bisa dipilih sebagai bisnis yang akan dijalankan kembali setelah memasuki masa pensiun? Jawabannya SANGAT BISA. Kenapa demikian? Karena pengalaman gagal itu sejatinya sudah membentuk pengetahuan dan minimal keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis tersebut.

Hanya saja, temuan saya, kegagalan tersebut diakibatkan oleh tidak fokusnya seorang calon pensiunpreneur dengan bisnis yang dipilh waktu masih aktif sebagai karyawan. Hal ini dapat dipahami karena seringkali memilih bisnis bukan berdasarkan potensi diri, pengetahuan tentang bisnis serta skill yang dimiliki. Apalagi belum bisa professional di bisnis tersebut dan tidak terlalu yakin.

Disinilah seorang calon pensiunpreneur bisa menyadari bahwa kegagalan dalam bisnis yang sudah dijalankan tersebut sejatinya modal awal untuk mengembangkan bisnis ke depan. Jangan sesali kegagalan bisnis tersebut karena sejatinya kegagalan itu menjadi PELAJARAN buat calon pensiunpreneur dan tidak perlu memulai dari awal lagi untuk belajarnya.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Pelajaran bisnis yang GAGAL tersebut.....Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN STRATEGIK bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: