Seringkali orang terjebak dengan rencana bisnis yang ingin membeli barang sesuai dengan keinginan pada awal bisnis. Berbagai asset dibeli untuk bisa menjalankan bisnis. Bahkan membeli rumah atau ruko untuk memulai bisnis. Pada akhirnya, ketika sudah dicatat, ketahuan bahwa bisnis yang akan dijalankan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Nah lho… kaget kan?

Betul sekali, rasanya, hal ini seringkali di sampaikan oleh calon pensiunpreneur kepada saya ketika mereka akan memulai bisni dengan membuat business plan atau perencanaan bisnis. Padahal, saya menjelaskan bahwa maksimal dana dari pesangon yang boleh diguakan untuk bisnis adalah 30% dari uang pesangon yang digunakan tidak hanya untuk investasi serta operasional selama enam bulan sampai satu tahun. 

Oleh karena itu, calon pensiunpreneur ataupun pensiunpreneur mulai memilih dan memilah untuk investasi berbagai keperluan operasional bisnis. Satu hal yang paling penting yaitu bagaimana memanfaatkan asset yang ada dirumah ataupun yang sudah pernah dibeli oleh para calon pensiunpreneur. Hal ini bertujuan untuk mengurangi biaya yang harus dikeluarkan para calon pensiunpreneur. 

Selanjutnya adalah bagaimana merubah mindset atau sikap mental dimana calon pensiunpreneur selalu bekerja dengan fasilitas yang tinggal diajukan dikantor. Ini harus dirubah karena kondisi sudah berbeda. Manfaatkan yang ada dulu dan dengan keterbatasan, akan memunculkan kreativitas dalam diri para calon pensiunpreneur dan karyawan dalam menjalankan bisnis. 

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Pilih asset yang harus dibeli. Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN PEMASARAN bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: