Saya teringat dengan materi strategic management yang didapat diperusahaan tahun 2001 – 2003. Waktu itu, saya mendapatkan tugas untuk membuat Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan dan awalnya, lieur tujuh keliling. Analisis lingkungan internal dan eksternal saya lakukan bersama senior manajer dan saya hanya mengumpulkan data. Maklumlah, masih junior dan benar-benar “culun” tentang strategic management.

Dari analisis ini, saya dikenalkan dengan tool swot analysis dan menjadi perkenalan secara mendalam untuk mendapatkan posisi di pasar. Hal ini akan mempengaruhi pilihan strategi.

Hmmm.. rasanya, ini juga saya lakukan sekarang ketika menjadi pensiunpreneur. Menentukan posisi di pasar dan akan menjadikan dasar untuk strategi yang dipilih. Untuk bapak dan ibu calon pensiunpreneur ataupun yang sudah menjadi pensiunpreneur, posisi kita dipasar menjadi sangat penting. Jangan hanya menggunakan kaca mata kuda karena itu akan membuat entrepreneur gagal dalam memilih strategi bisnis.

Kita bisa melihat diri kita terhadap lingkungan bisnis, apakah posisi kita di atas pesaing, sama dengan pesaing atau lebih rendah daripada pesaing. Ketika posisi lebih tinggi dari pesaing, kita bisa memilih strategi bersaing, kalau lemah dari pesaing, bisa memilih strategi koperatif, tetapi kalau sama, bisa memilih strategi coopetitive, bekerjsama sambil bersiang.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Analisis posisi kita terhadap pesaing di pasar. Mau Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN KEUANGAN bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: