Kesalahan yang seringkali dilakukan oleh para pensiunpreneur dalam memperkerjakan karyawan adalah belum mempersiapkan infrastruktur berupa gambaran tugas bagi setiap karyawan. Ini penting karena biasanya pensiunpreneur mengganggap bahwa mereka sudah mengerti dengan tugas yang akan diberikan sehingga tidak perlu dibuatkan gambaran tugas di perusahaan. Inilah salah satu kesalahan mendasar dalam konteks karyawan.

Tentu pensiunpreneur sudah terbiasa dengan job description selama bekerja di perusahaan. Gambaran tugas yang menjadi pedoman dalam bekerja dan tentunya menjadi standar juga untuk penilaian kinerja, apakah sesuai atau tidak dengan pencapaian tugas sehari-hari.

Oleh karena itu, sudah waktunya pensiunpreneur kembali ke dasar yaitu memperhatikan gambaran tugas setiap karyawan yang akan dipekerjakan ataupun yang sudah bekerja di perusahaan. Kenapa demikian? Karena berhubungan dengan kejelasan tugas dan pekerjaan yang harus mereka selesaikan di perusahaan para pensiunpreneur.

Disinilah pensiunpreneur harus tegas dalam membuat gambaran tugas yang berisikan dia bertanggungjawab kepada siapa, pekerjaan sehari-hari, alat yang yang digunakan dan lain-lain. Jadi, sekali lagi, pertegas job description untuk setiap karyawan.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Manfaatkan pengetahuan dan pengalaman selama bekerja dulu untuk membuat job description.....Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas SOFT SKILL bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: