Menjadi seorang pensiunpreneur, harus memiliki strategi yang tepat agar bisa berhasil untuk memulai dan mengembangkan bisnis. Strategi ini merupakan pilihan terbaik dari pilihan yang ada yang dapat memberikan superior value kepada bisnis masing-masing. Ketika ini bisa dilakukan, maka pensinpreneur akan bisa menggapai kesuksesan. Bahkan lebih cepat dibandingkan dengan pebisnis yang lain. 

Adapun strategi yang bisa dipilih adalah strategi coopetitive yaitu strategi yang memilih kerjasama dengan pesaing, tetapi sembari bersaing dengan mereka juga. Hmmmm..pastin pernah dengar strategi ini yang digunakan oleh para manajemen perusahaan. Ini penting karena kembali ke konsep awal yaitu bagaimana pensiunpreneur itu bisa memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman mereka selama bekerja untuk diaplikasikan dibisnis masing-masing. 

Strategi coopetitive ini berasal dari bagaimana pensiunpreneur memiliki kekuatan dalam diri dan bisnis sehingga menjadikan mereka bisa bersaing. Dasarnya adalah kekuatan masing-masing pensiunpreneur dan bisnisnya juga. 

Akan tetapi,, pensiunpreneur juga harus memahami kelemahan mereka agar bisa dijadikan dasar untuk bekerjasama dengan pesaing. Jelas ini harus benar-benar dimiliki datanya oleh setiap pensiunpreneur. Ketika ini bisa dilakukan, makan pensiunpreneur bisa memilih strategi coopetitive. 

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Ingat lagi strategi waktu di perusahaan dan manfaatkan strategi coopetitive…. Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas FINANCIAL MANAGEMENT bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: