Salah satu keunggulan calon pensiunpreeur dalam menjalankan bisnis adalah kemampuan berfikir stratejik yang sudah pernah juga dibahas di forum ini. Memang menjadi seorang pensiunpreneur itu tidak boleh memisahkan pengetahuan, keterampilan serta sikap dalam berbisnis. Dan yang menjadi kuncinya adalah kemampuan berfikir atau thinking ability. Semuanya berasal dari bagaimana pensiunpreneur itu berfikir, khususnya berfikir stratejik.

Berfikir stratejik adalah bagaimana berfikir jangka panjang atas bisnis yang dijalankan dengan mempertimbangkan perubahan lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Jelas sekali ini menjadi sebuah fakta yang tidak bisa dihindari oleh para pensiunpreneur dan calon pensiunpreneur. Jelas ini harus menjadi pengetahuan dan keterampilan yang harus di kembangkan.

Hal ini menjadi salah satu soft skil yang harus dikembangkan selain leadership skill, decision making skill, communication skill, team building skill dan motivational skill.

Apa yang harus dikembangkan dari strategic thinking ini? Mulai menetapkan visi diri dan visi bisnis masing-masing. Ini menjadi awal karena visi adalah impian yang hendak dicapai. Jelas sekali ini berawal dari bagaimana pensiunpreneur fokus pada kekuatan diri yang dijadikan dasar untuk unggul dalam jangka panjang. Sebagai contoh, menjadi pengusaha domba terbesar dan terpercaya di jawa Barat tahun 2027.

Lalu, mulai mengidentifikasi setiap lingkungan bisnis untuk menetapkan posisi di pasar melalui SWOT analysis. Setelah itu, menetapkan strategi bisnis dan program keuangan, pemasaran,, operasi dan sumber daya manusia dalam bisnis.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Mari tingkatkan strategic thinking setiap pensiunpreneur. Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MEMILIH BISNIS bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: