Satu hokum yang akan berlaku bagi setiap pensiunpreneur dalam menjalankan bisnis adalah bisnis tersebut TIDAK BOLEH dikerjakan sendiri. Jelas ini adalah bagian dari konsep manajemen yang memang sejatinya pensiunpreneur harus terapkan. Tentu masih ingat konsep seorang pensiunpreneur tidak akan berhasil secara optimal kalau tidak mengerti bisnis, lalu bisnisnya tidak akan pernah tumbuh dan berkembang dalam jangka panjang kalau tidak menerapkan manajemen.

Salah satu manajemennya adalah manajemen sumber daya manusia dan bagiannya diawali oleh struktur organisasi serta job description atau gambaran tugas dalam sebuah posisi atau jabatan. Rasanya,, hal ini sudah tidak aneh bagi pensiunpreneur karena sudah terbiasa dalam kehidupan mereka sebagai seorang karyawan diperusahaan.

Coba ingat-ingat lagi bagaimana seorang pensiunpreneur yang fokus pada gambaran tugas yang melekat pada jabatan mereka. Biasanya isinya, nama jabatan…….bertanggungjawab kepada siapa….., melakukan  apa….., setiap hari apa…… ini beberapa point yang ada di gambaran tugas tersebut.

Oleh karena itu, sudah waktunya pensiunpreneur mulai membuat gambaran tugas untuk setiap karyawan yang akan direkrut ataupun sudah direkrut.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Buatkan job description bagi karyaran.Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas SOFT SKILL bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: