Salah satu permasalahan yang akan dihadapi oleh para pensiunpreneur dalam menjalankan bisnis adalah sejauh mana bisa fokus pada kualitas produk, kualitas proses serta kualitas sumber daya manusia.ini penting bagi pensiunpreneur karena yang menjadi keunggulan mereka dibandingkan dengan pebisnis yang tidak pernah atau belum pernah bekerja adalah bagaimana mereka fokus pada kualitas tersebut.

Tentu selama bekerja di perusahaan, para pensiunpreneur sudah terbiasa dengan kualitas tersebut. Mari kita ingat, mulai dari kualitas sumber daya manusia dengan membuat struktur organisasi, job description, job specification, rekrutmen, seleksi sampai dengan pelatihan dan pengembangan karyawan. Demikian juga dengan kualitas proses bisnis dengan membuat Standard Operation Procedures. Tentu juga berhubungan dengan kualitas produk itu sendiri.

Oleh karena itu, keunggulan yang harus ditekankan oleh para pensiunpreneur dalam business process nya adalah bagaimana menjalankan konsep total quality management dalam proses bisnisnya. Jangan sampai diabaikan keunggulan ini. Ingat, yang dibeli oleh konsumen adalah produk yang berkualitas,, kalau produknya berupa barang, tentu aspek yang dijaga adalah kualitas bentuk, bahan baku, estetika, daya tahan, warna dan lain-lain sesuai dengan standar konsumen.

Adapun kalau jasa, kualitasnya dilihat dari aspek tangible, empathy, responsiveness, reliability serta assurance. Inilah harus diutamakan oleh para pensiunpreneur dalam bisnisnya.
 
Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Terapkan Total Quality Management…. Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas HUMAN RESOURCES MANAGEMENT bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: