Assalamualaikum wr.  Wb. Mau tanya bagaimana mengcreate sebuah ide yang ada dibenak kita tapi kita ingin tampil beda dengan yang lain, misalnya usaha kuliner singkong keju, saya ingin tampilkan ide dengan toping cabe bubuk/ coklat, lalu bagaimana cara menguji inovasi tersebut? apakah langsung dijual, atau melalui tes gratis dulu lalu dibuat kuisioner, mohon pencerahannya agar inovasi kita sukses diterapkan. (Andi, Cimahi)

Salam Belbiz, buat Bapak Andi. Salah satu sumber ide adalah masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan konsumen. Cara menciptakan ide tersebut dapat dilakukan dengan mencari tahu tentang permasalahan yang dihadapi oleh konsumen. Keluhan konsumen sebagai salah satu contohnya dapat dijadikan sebagai sumber ide yang dapat dikembangkan.

Oleh karena itu, masalah konsumen harus ditanggapi secara positif. Lalu, kembangkan ide untuk menjawab masalah tersebut. Disinilah perlunya inovasi. Tentu pernah tahu pendekatan ATM atau amati, tiru dan modifikasi yang dapat digunakan untuk mengembangkan inovasi yang berbasis pada masalah konsumen tadi.

Selanjutnya adalah bagaimana menguji coba setiap hasil inovasi melalui percobaan kepada teman, keluarga, masyarakat dan lain-lain. Tunggu tanggapan mereka dan kalau sudah ada, lakukan perbaikan untuk yang lebih baik. Ini penting untuk entrepreneur dan pensiunpreneur dalam mengembangkan ide tersebut.

Itulah jawaban kami semoga bermanfaat untuk Bapak Andi dalam mengembangkan bisnis.

SALAM BELBIZ dari STRATEGIC Manajemen Bandung.

Jawaban lainnya ada di www.strategidanbisnis.comwww.strabiztv.com Jangan lupa dengarkan materi BELBIZ On Radio Minggu ini tentang BERORIENTASI KEPADA PERTUMBUHAN Usaha, Jumat, 7 September 2018.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: