Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh pensiunpreneur dalam membangun bisnis adalah ketika bisnis yang dikembangkan tersebut belum memilikidesain business process yang menyebabkan belum terkendalinya biaya dan bakan berdampak kepada kualitas produk yang dihasilkan. Tentu hal ini bertolak belakang dengan konsep yang pastinya di tetapkan oleh pensiunpreneur dan dijalankan selama ini di perusahaan tempat mereka bekerja.

Hal ini benar-benar terasa kemaren ketika berkunjung ke beberapa pebisnis yang mengembangkan bisnis kuliner di Kabupaten Kulonprogo dan mereka adalah pensiunan dari perusahaan BUMS. Desain bisnis yang sebenarnya dimilikinya ketika bekerja tidak berjalan di bisnisnya sekarang. Akibatnya, proses bisnisnya amburadul dan menyebabkan bisnis tersebut tidak optimal.

Disinilah konsep yang selalu disampaikan bahwa keunggulan pensiunpreeur itu pada business process dan ini harus dimulai dari Supplier, Input, Process, Output serta Customer yang berbasis kepada kualitas produk dan layanan kepada konsumen. Ini penting bagi setiap pensiunpreneur untuk mulai memperhatikan desain bisnisnya dan manfaatkan pengalamanan selama bekerja dulu. Ketika ini bisa dilakukan, maka akan dapat memberikan keunggulan dibanding pesaing dan bisa memuaskan konsumen.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk, desain business process.

Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: