Perjalanan kemarin dalam menjalankan peran sebagai seorang pensiunpreneur ke Kabupaten Kulonprogo dan bertemu dengan stakeholders, termasuk pelaku UMKM benar-benar memberikan pengalaman yang luar biasan dan sangat berkesan. Menjadi seorang pensiunpreneur itu memang dituntut untuk bisa fokus dalam memberikan SOLUSI kepada konsumen.

Banyak sekali konsep produk dan layanan dalam bisnis yang bisa ditawarkan kepada konsumen. Akan tetapi, yang paling penting adalah fokus pada SOLUSI yang dibutuhkan oleh konsumen kepada kita. padahal, saya sudah mendesain produk berupa barang yang ditawarkan kepada mereka, akan tetapi, di lapangan, mereka tidak butuh itu.

Disinilah seorang pensiunpreneur harus benar-benar bisa membuka diri bahwa sejatinya yang harus diberikan kepada konsumen sampai puas adalah SOLUSI, bisa berupa barang, jasa, ide, informasi, pengalaman, pengatahuan,, tempat dan lain-lain.

Untuk itu, hal yang saya lakukan adalah memahami terlebih dahulu masalah yang mereka hadapi dan mencari alternative solusi buat mereka. Perlu selanjutnya membandingkan alternative solusi agar mendapatkan yang terbaik dan sesuai dengan need, want dan demand mereka. Dan yang tidak kalah penting adalah sesuai dengan kondisi internal setiap pensiunpreneur.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk, fokus pada SOLUSI. ....Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,
 
Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: