Salah satu kondisi lingkungan eksternal yang dihadapi oleh para pensiunpreneur saat ini adalah ekonomi yang tidak stabil. Indikatornya adalah nilai tukar rupiah yang terus melemah dan bahkan sampai menembus angka Rp.15.000/dolar Amerika. Memang belum terasa dampaknya, akan tetapi, sebulan kedepan, dampak dari pelemahan rupiah ini akan menerpa berbagai sektor.

Disinilah seorang pensiunpreneur akan merasakan pengalaman ketika menjadi karyawan dulu yaitu berfikir stratejik. Disatu sisi, lingkungan bisnis yang tidak bisa dikontrol, disisi lain, jelas tujuan jangka panjang perusahaan harus dicapai yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang.

Dalam konteks ini, seorang pensiunpreneur bisa menerapkan strategi stability yaitu bagaimana mereka melihat kondisi ekonomi beberapa waktu kedepan dan menahan diri untuk tidak berinvestasi dulu. Kenapa demikian? Karena lingkungan ekonomi yang belum stabil. Sampai kapan? Sampai kondisi ekonomi bisa menemukan titik keseimbangan kembali dan bisa membuat pensiunpreneur membuat keputusan yang profitable bagi bisnis mereka.

Disinilah seorang pensiunpreneur harus bisa menjadi seorang yang bisa membuat bisnisnya tetap berada di jalan yang tepat untuk mencapai tujuan jangka panjang.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk, menerapkan strategi stability. ....Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN KEUANGAN bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: