Assalamualaikum wr.  Wb


Pak bagaimana cara kita menciptakan inovasi, agar inovasi yang dibuat tidak terkesan ngawur dan dapat diterima oleh konsumen?


Syarifudin di Buah Batu,





Salam Belbiz, buat Bapak Syarifudin


Kunci keberhasilan inovasi yang dilakukan oleh para entrepreneur adalah ketika inovasi yang dilakukan itu dapat diterima oleh pasar dan bahkan pasar memberikan masukan untuk pengembangan inovasi selanjutya. Ketika ini bisa terjadi, maka berbahagialah entrepreneur dan terus semangat untuk melakukan inovasi lainnya.


Oleh karena itu, entrepreneur harus benar-benar hati-hati dalam melakukan inovasi. Kalau dilihat dari kerangka berfikirnya, sejatinya inovasi dimulai dari kreativitas. Dan kreativitas itu dimulai dari masalah yang dihadapi oleh internal ataupun eksternal perusahaan, khususnya konsumen.


Disinilah sejatinya entrepreneur harus melakukan riset kecil-kecilan yang dimulai dari melihat pasar dan masalahnya sehingga akan diketahui dasar untuk inovasi. Lalu,dalam proses inovasi, gunakan ATM, amati, tiru dan modifikasi. Dalam tahapan ini, diperlukan dasar teori yang bisa digunakan untuk berinovasi.


Itulah jawaban kami semoga bermanfaat untuk Bapak Syarifudin dalam mengembangkan bisnis.


SALAM BELBIZ dari STRATEGIC Manajemen Bandung.


Jawaban lainnya ada di www.strategidanbisnis.comwww.strabiztv.com Jangan lupa dengarkan materi BELBIZ On Radio Minggu ini tentang Berjejaring, Jumat, 19 Oktober 2018.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: