Program belajar bisnis atau Belbiz yang diselenggarakan oleh PT Strabiz Manajemen Bandung bersama manajemen Radio K-Lite pada hari Jumat, 26 september 2018 membawakan sebuah tema yang berhubungan dengan kreativitas dan inovasi melalui metode Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM).
Meriza Hendri selaku Diretur PT Strabiz Manajemen Bandung dan membina program Belbiz menyatakan bahwa kreativitas dan inovasi menjadi salah satu mindset kewirausahaan bagi setiap entrepreneur. “Kreativitas dan inovasi menjadi kunci sukes seorang entrepreneur dalam mencapai tujuan bisnisnya yaitu profit, people, planet, sustainable serta grow” kata Meriza.

Bahasan kreativitas ini ditekankan pada metode ATM atau Amati,Tiru dan Modfikasi dengan konteks bisnis Batik Nabila Diva yang dijalankan oleh Poppy. ”Saya menjalankan bisnis ini dengan konsep ATM” kata Poppy. Latar belakang sebagai karyawan perusahaan batik selama lima tahun memberikan kesempatan bagi Poppy untuk mengamati, meniru dan melakukan modifikasi.

“Konsep amati ini dapat dilakukan dengan melihat pesaing dan produk yang ditawarkan kepada konsumen” kata Meriza. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat, merasakan, mendengar, mencium dan bahkan mencicipi bagi produk berupa makanan yang dihasilkan oleh para pesaing dimana entrepreneur dapat dua yaitu kebutuhan dan keinginan konsumen serta produk pesaing.

Adapun tiru merupakan kegiatan yang dilakukan oleh entrepreneur dengan cara membuat produk sesuai dengan yang dibuat pesaing. “Hal ini perlu dilakukan agar entrepreneur mengetahui kekuatan dan kelemahan produk pesaing” kata Meriza.

Selanjutnya, Meriza menjelaskan modifikasi yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur. “hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan pendekatan SCUMPS (shape, color, usage, material, part dan size) bagi barang ataupun TERRA (tangible, empathy, responsiveness, reliability dan assurance) bagi jasa” tambah Meriza.

Poppy memberikan gambaran bagaimana mengembangkan kreativitas secara terus menerus untuk membuat produknya bisa tetap unggul dan bisa diterima oleh konsumen.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: