Menjadi seorang pensiunpreneur, sudah memiliki pengalaman bisnis karena pernah berstatus sebagai seorang karyawan. Pengetahuan dan pengalaman bekerja adalah intangible asset yang sejatinya harus dimanfaatkan oleh setiap pensiunpreneur untuk bisa sukses dalam mendesain produk yang ditawarkan kepada konsumen. Apalagi memenangkan persaingan bisnis saat ini dengan produk yang unggul.

Sejatinya, konsep ini harus ada dalam benak setiap pensiunpreneur dalam mengembangkan produk tersebut. Salah satu model yang dapat dilakukan oleh pensiunpreneur dalam mengembangkan kreativitas produk adalah dengan metode ATM. Konsep awalnya adalah amati produk pesaing. Hal ini penting untuk melihat kekuatan dan kelemahan produk pesaing untuk jadi dasar kreativitas.

Kedua adalah Tiru. Konsep ini menekankan bagaimana pensiunpreneur membuat produk yang “Sama” dengan pesaing. Konsep meniru itu seperti konsep copy paste atas produk orang lain. Yang ketiga adalah Modifikasi. Disinilah konsep kreativitas seorang pensiunpreneur yang berasal dari pengetahuan dan pengalaman selama bekerja.

Salah satu pendekatan yang bisa digunakan untuk memodifikasi adalah SCUMPS yang berasal dari Shape atau bentuk produk, colour atau warna produk, usage atau penggunaan produk tersebut, material atau bahan baku produk tersebut, parts atau bagian dari produk sampai dengan size atau ukuran. Silahkan pensiunpreneur menggunakan satu atau lebih dari satu pendekatan SCUMPS ini.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk ciptakan prduk yang kreaitf. ....Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN OPERASI bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: