Assalamualaikum wr.  Wb
Pak Meriza, bicara tentang Jejaring, memang terasa pentingnya. Hanya saja, dengan siapa saja kita membangun jejaring biar memberikan manfaat yang optimal bagi bisnis saya?

Dewani Putri– Bandung



Salam Belbiz, buat Ibu Dewani
Alhamdulillah, kalau ibu sudah merasakan pentingnya membangun jejaring bagi bisnis yang ibu kembangkan. Jejaring itu bisa memberikan kontribusi pada bisnis dalam memenuhi keterbatasan entrepreneur pada aspek keuangan, pemasaran, fasilitas produksi, informasi dan bahkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam berbisnis.

Untuk mendapatkan modal sosial pada aspek di atas, dapat membangun jejaring dengan para akademisi, perusahaan, komunitas, pemerintah dan media. Mereka bisa memberikan modal yang dibutuhkan oleh para entrepreneur dalam menjalankan dan menumbuhkembangkan bisnis. Disinilah perlunya seorang entrepreneur memetakan siapa saja akademisi yang dapat mereka hubungi untuk membantu pengembangan pengetahuan bisnis dan manajemen. Bahkan mendapatkan kesempatan menjadi binaan incubator bisnis dikampus.

Lalu, perusahaan untuk mendapatkan kesempatan jadi partner bisnis mereka dan juga binaan program CSR. Lalu komunitasuntuk berbagi informasi, pemerintah dengan program pengembangan kewirausahaan dan media untuk promosi. Inilah pihak-pihak yang bisa dijadikan sebagai jejaring bisnis.

Itulah jawaban kami semoga bermanfaat untuk Ibu Dewani dalam mengembangkan bisnis.

SALAM BELBIZ dari STRATEGIC Manajemen Bandung.

Jawaban lainnya ada di www.strategidanbisnis.comwww.strabiztv.com Jangan lupa dengarkan materi BELBIZ On Radio Minggu ini tentang Integritas Seorang Entrepreneur, Jumat, 26 Oktober 2018.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: