Masih ingat statement saya tentang keunggulan seorang pensiunpreneur dibandingkan dengan seseorang pebisnis tetapi belum pernah bekerja? Semoga saja masih ingat karena sejatinya seorang mantan karyawan yang memilih bisnis memiliki keunggulan di konteks manajemen. Sejatinya manajemen itu adalah bagaimana bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Oleh karena itu, konteks yang harus dipahami adalah bagaimana seorang pensiunpreneur memperkerjakan karyawan dalam bisnisnya. Hanya saja, seringkali pensiunpreneur tidak memperkerjakan orang lain di bisnisnya karena khawatir tidak bisa menggaji mereka. Sayang sekali kalau ini dialami oleh para pensiunpreneur.

Perlu bagi seorang pensiunpreneur untuk memperkerjakan karyawa. Akan tetapi, terlebih dahulu harus mendesain struktur organisasi perusahaannya yang terdiri dari pemegang saham yang diwakili oleh komisaris, direktur, bagian keuangan dan akuntansi, bagian pemasaran, bagian operasi, bagian Sumber daya manusia dan umum, bagian Teknologi Informasi.

Selanjutnya adalah membuat job description dan job specification yang pastinya sudah ada ilmu dan pengalaman dari tempat bekerja dulu. Setelah itu, barulah membuat target untuk masing-masing posisi. Inilah yang harus menjadi dasar seorang pensiunpreneur dalam memperkerjakan karyawan dalam bisnisnya.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk perkerjakan karyawan dalam bisnis kita. ....Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas SOFT SKILLS bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: