Pensiunpreneur ataupun calon pensiunpreneur kudu paham dan menekankan dalam diri mereka bahwa bisnis yang akan dijalankan ataupun dijalankan itu berbasis kepada peluang. Peluang itu kalau boleh dibilang, jantungnya bisnis agar bisa tumbuh dan berkembang dan bahkan bisa membuat bisnis memiliki usia yang panjang.

Hanya saja, seringkali pensiunpreneur itu lupa akan aksi untuk mengoptimasi setiap peluang dengan memanfaatkan sumber daya yang mereka miliki. Ini penting karena keterlambatan memanfaatkan sumber daya untuk memanfaatkan peluang, akan diambil atau direbut oleh orang lain. Tinggalah pensiunpreneur hanya bisa gigit jari.

Ini tidak boleh terjadi. Oleh karena itu, peluang itu harus diambil dengan cara, pertama, analisis setiap peluang dengan baik berdasarkan data dan fakta yang ada. Seobjektif mungkin menganalisis peluang agar bisa dilihat keterhubungan antara peluang dengan bisnis yang sedang dijalankan ataupun rencana bisnis yang sudah dibuat.

Lalu, buatlah perencanaan bisnis dengan baik untuk peluang tersebut. Bisa jadi untuk awal bisnis ataupun untuk mengembangkan bisnis. Rencana bisnis  ini penting untuk menganalisis peluang dan dihubungkan dengan target bisnis yang hendak dicapai. Lalu, siapan sumber daya uang, orang, mesin, metode dan bahan baku serta informasi untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk manfaatkan sumber daya untuk merubah peluang jadi profit. ....Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur.

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: