Bicara keunggulan para pensiunpreneur tidak akan habis-habisnya kalau kita mau menggalinya dengan optimal. Keunggulan ini tentu menjadi salah salah satu intangible asset yang kalau dikembangkan akan bisa membuat bisnis pensiunpreneur tumbuh dan berkembang dengan cepat. Apa itu? Networking atau jejaring yang pastinya sudah dibuat secara sadar atau tidak sadar selama menjadi seorang karyawan.

Temuan saya, seringkali pensiunpreneur kurang optimal memanfaatkan jejaring yang sudah dimiliki. Jejaring dengan teman sekantor, rekanan kantor, supplier, distributor atau bahkan dengan konsumen serta pesaing sekalipun. Belum lagi dengan pemerintah, perbankan, media, lembaga pendidikan dan lain-lain sesuai dengan bisnisnya.

Hal ini perlu dipetakan kembali agar bisa diketahui hubungan apa yang bisa dikembangkan kalau pensiunpreneur bermaksud mengembangkan bisnisnya tersebut. Pemetaan ini adalah awal yang harus dilakukan. Setelah itu, analisis kepentingan bisnis pensiunpreneur. Yang paling penting adalah membangun hubungan yang mungkin sudah lama tidak terjalin dengan mereka dan basisnya adalah KEPERCAYAAN. Inilah yang paling penting sehingga akan dapat manfaat dari intangible asset tadi untuk perkembangan bisnis pensiunpreneur.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk kembangkan dan manfaatkan networking yang sudah dimiliki parap pensiunpreneur. .... Mau materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas STRAGIC ENTREPRENEURSHIP bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: