Assalamualaikum wr.  Wb
Sejauh ini, seberapa pentingkah jejaring atau networking bagi entrepreneur dalam bisnisnya saat ini dan yang akan datang?
Tuti – Bandung

Salam Belbiz, buat Ibu Tuti
Bicara jejaring bagi para entrepreneur, merupakan sesuatu yang bersifat mandatory atau wajib untuk dilakukan. Kenapa demikian? Karena sudah menjadi rahasia umum bahwa entrepreneur memiliki keterbatasan dalam bisnis berupa informasi, pengetahuan dan keterampilan bisnis, fasilitas, pasar, pembiayaa, akses perijinan dan lain-lain. Keterbatasan ini harus ditutup agar bisnisnya bisa berjalan kedepannya.

Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah memanfaatkan social capital dengan cara berjejaring dengan akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media. Social capital merupakan modal yang didapatkan entrepreneur dari lingkungan dengan basis yang sangat minim dari sisi keuangan.

Dengan dasar seperti ini, berjejaring sudah menjadi kebutuhan bagi setiap entrepreneur agar bisa menutupi kebutuhan dalam menjalankan bisnis. Bahasa sederhananya, tingkat kepentingan terhadap kegiatan berjejaring sudah sangat tinggi. Oleh karena itu, diperlukan kompetensi untuk membangun dan menumbuhkan jejaring dalam bisnis.

Itulah jawaban kami semoga bermanfaat untuk Ibu Tuti dalam mengembangkan bisnis.

SALAM BELBIZ dari STRATEGIC Manajemen Bandung.

Jawaban lainnya ada di www.strategidanbisnis.comwww.strabiztv.com Jangan lupa dengarkan materi BELBIZ On Radio Minggu ini tentang Integritas Seorang Entrepreneur, Jumat, 26 Oktober 2018.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: