Pertanyaan yang sederhana yang ditanyakan kepada para pensiunpreneur. Akan tetapi, kenapa saya susah mendapatkan jawaban dari para pensiunpreneur? Aneh bagi saya. Karena asumsi yang saya gunakan adalah sejatinya para pensiunpreneur sudah tahu dan paham tentang manajemen untuk bisnis dan bahkan bisa menerapkannya dalam bisnis yang dijalankan sendiri oleh para pensiunpreneur.

Akan tetapi, kenapa ini bisa terjadi? Kenapa para pensiunpreneur tidak menerapkan manajemen dalam bisnisnya? Hal ini menggelitik saya untuk menulis tentang hal ini.

Jangan lakukan pemisahan anara pernah berstatus karyawan dengan menjadi pemilik bisnis saat ini karena ini adalah kesalahan mendasar seorang pensiunpreneur. Ingatkan diri bahwa pensiunpreneur itu punya modal pengetahuan dan pengalaman bisnis dan manajemen.

Oleh karena itu, sudah waktunya untuk menjalankan manajemen dalam bisnis masing-masing. Mulailah manajemen keuangan dengan membuat anggaran, pencatatan keuangan, pengelolaan biaya. Lalu manajemen pemasaran dengan promosi, layanan, penetapan harga dan lain-lain. Lalu membuat SOP dan juga membuat struktur organisasi dan mengelola karyawan.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk terapkan manajemen dalam bisnis masing-masing pensiunpreneur. .... Mau materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN KEUANGAN bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: