Assalamualaikum wr.  Wb
Apa sebenarnya risiko itu? Apa risiko selalu merugikan?
Nanin – Bandung ,



Salam Belbiz, buat Ibu Nanin
Resiko akan selalu dihadapi oleh para entrepreneur dalam menjalankan bisnis. tidak bisa ditolak ataupun diabaikan, akan tetapi yang harus dilakukan adalah dikelola sehingga disebut dengan manajemen resiko. Ketika resiko bisa dikelola, maka potensi kerugian bisa diminimalisir.

Berangkat dari konsep ini, dapat dipahami bahwa resiko itu adalah loss atau kerugian yang diakibatkan oleh sesuatu seperti bencana alam, kelalaian, kesalahan prosedur dan lain-lain. Intinya ada yang diakibatkan suatu kejadian yang controllable dan/atau uncontrollable.

Dari konsep ini, jelas bicara resiko itu adalah loss atau kerugian. Oleh karena itu, jelas bicara resiko selalu bicara kerugian. Untuk meminimalisir kerugian, bisa dilakukan dengan menyerahkan resiko kepada orang lain seperti perusahaan asuransi. Atau juga mengendalikan resiko sendiri dengan cara mengantisipasinya. Inilah yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis.

Itulah jawaban kami semoga bermanfaat untuk Ibu Nanin dalam mengembangkan bisnis.

SALAM BELBIZ dari STRATEGIC Manajemen Bandung.

Jawaban lainnya ada di www.strategidanbis.com, www.strabiztv.com Jangan lupa dengarkan materi BELBIZ On Radio Minggu ini tentang “Empat Ilmu Dasar Seorang Entrepeneur”, Jumat, 16 November 2018.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: