Ada yang menarik ketika seorang pensiunpreneur menjalankan bisnis dan harus bisa mengelola keuangan perusahaan. Pada awalnya, bisa jadi persepsi mengelola keuangan itu ada di bangian keuangan yang dikelola orang terpisah. Hal ini memang saya rasakan juga dulu, bahwa keuangan itu saya percayakan kepada bagian akuntansi.

Rupanya persepsi ini salah besar. Diawal menjalankan usaha, seharusnya saya harus mengelola sendiri, termasuk mencatat setiap transaksi sendiri ke dalam jurnal akuntansi. Bukan berarti nambah kerjaan akan tetapi, ada pesan yang sangat berharga yaitu sejatinya seorang pensiunpreneur itu harus bisa mengelola keuangan perusahaan nya sendiri dulu sebelum mendelegasikan kepara orang lain.

Inilah pelajanan yang sangat berharga ketika dulu saya mengalami kebangkrutan di bisnis tour and travel. Kita harus bisa memahami sebuah pola keuangan dalam bisnis kita sendiri sehingga kalau kita sudah tahu dan paham, bisa dibuatkan SOP nya dan baru didelegasikan kepada orang lain. Inilah yang harus dilakukan setiap pensiunpreneur dalam menjalankan usaha yang diawali dengan mencatat setiap transaksi keuangan perusahaan sendiri.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk catata setiap transaksi keaungan sendiri..... Mau materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN PEMASARAN bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur.

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: